10 Jenis Kancing Baju untuk Membuat Pakaian

Jenis Jenis Kancing Baju – Dalam dunia jahit menjahit diperlukan wawasan yang luas mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan konveksi. Dari segi jenis bahan kain, model baju, jenis desain, kegunaan serta tentang jenis dan macam macam kancing baju.

Ada berbagai jenis kancing yang perlu penjahit ketahui untuk menentukan kecocokan baju yang dia buat. Apakah kancing tersebut cocok untuk baju muslim, baju kemeja, seragam kantor bahkan seragam sekolah anak.

Maka dari itu mengetahui jenis dan macam macam kancing penting bagi para penjahit, agar kancing yang dipilih cocok atau maching saat digunakan pada baju maupun celana.

10 Jenis Jenis Kancing Baju : Ciri dan Kelebihannya

jenis kancing

Kancing bukan hanya sekadar detil fungsional pada pakaian, tetapi juga elemen penting yang dapat memberikan sentuhan kreatif dan estetika unik pada penampilan kita. Dari macam kancing tradisional yang elegan hingga jenis kancing inovasi modern yang kreatif. Jenis-jenis kancing telah mengalami evolusi yang menarik seiring waktu. Setiap jenis kancing memiliki karakteristiknya sendiri, baik itu dalam bentuk, material, atau gaya penutupan yang dapat mengubah tampilan pakaian secara keseluruhan.

Setidaknya kita merangkum ada 10 jenis dan macam macam kancing baju yang dari bahan dan fungsinya berbeda-beda. Berikut ini pembahasan lengkapnya..

1. Kancing Lubang (Flat Button)

macam macam kancing

Jenis kancing yang pertama dan yang paling sering kita jumpai adalah kancing lubang. Seperti yang kita lihat pada gambar, kancing ini sering berada pada baju kemeja atau seragam sekolah.

Kancing ini bersifat formal dan cocok dibanyak baju atau seragam maupun celana kedinasan. Maka dari itu kancing lubang ini memiliki sifat formal saat digunakan di setelan baju.

Kancing lubang ini juga biasa dikenal flat button. Buat penjahit yang sudah kekinian penyebutannya sering kali menggunakan kata flat button, yang mana diambil dari kata dalam bahasa inggris yang berarti “kancing datar”

Ciri dan bahan Jenis kancing lubang :

Ciri kancing ini memiliki 2 sampai 4 lubang tengahnya. Dari bentunya bisa bermacam-macam, tidak melulu bulat. Ada bulat, kotak, segitiga bahkan bentuk kartun. Bahannya bisa terbuat dari plastik, kayu, logam bahkan kaca.

Fungsi dan kegunaan kancing lubang :

Fungsinya terntu untuk mengancingkan baju atau celana, yang sering digunakan pada setelan yang bersifat formal. Namun dewasa ini kancing ini juga kerap kali digunakan hanya sebagai hiasan baju. Biasanya ditempelkan pada kerah maupun pergelangan tangan, pundak bahkan sikut.

Keunggulan Jenis kancing lubang :

  • Fleksibel digunakan pada berbagai jenis setelan ( seperti kemeja, gaun, rok, celana dan lain-lain)
  • Terdapat banyak ukuran dan bentuk
  • Terdapat banyak model
  • Terdapat banyak warna
  • Bahan bisa disesuaikan untuk berbagai pakaian
  • Mudah ditemukan

2. Kancing Jepret atau Kancing Tekan (Snaps/ Poppers)

macam macam kancing

Kancing jepret terdiri dari 2 bagian agar bisa mengancingkan baju. Bagian yang pertama cekung dan yang kedua cembung berfungsi sebagai gembok.

Jenis kancing ini memudahkan pengguna untuk mengancing dan melepaskan pakaiannya. Hanya tinggal tarik dan tekan pada kedua bagian kancing.Cara mengancingkannya dengan menekan kedua bagian kancing, biasanya sampai berbunyi “klik”.

Ciri dan bahan Jenis kancing lubang :

Cirinya jenis kancing ini pastinya ada 2 bagian yang berpasangan untuk mengancingkan pakian maupun setelan baju. Bahannya terbuat dari alumunian, besi bahkan plastik.

Kancing lubang yang berbahan besi bisa kita dapati pada jaket atau jelana-jelana jins. Dan kancing lubang dari plastik bisa ditemukan pada jaket lelaki atau romper bayi.

Fungsi dan kegunaan kancing lubang :

Kancing lubang, juga dikenal sebagai kancing tombol, memiliki fungsi penting dalam menahan pakaian dan memberikan sentuhan estetika. Kancing ini umumnya digunakan pada pakaian yang lebih formal seperti blus, kemeja, dan jaket. Dengan gaya yang beragam, kancing lubang tidak hanya memberikan keamanan, tetapi juga dapat menjadi elemen desain yang menonjol pada busana Anda.

Keunggulan Jenis kancing lubang :

  • Penggunaan yang simpel. (tinggal tarik dan tekan.)
  • Terdapat berbagai bahan
  • Mudah ditemukan dan digunakan
  • Banyak variasi warna untuk kancing platik

3. Jenis Kancing Sengkelit

macam macam kancing

Kancing sengkelit sendiri merupakan kancing yang mirip seperti kancing berkaki. Jenis kancing ini memiliki rumah kancing yang terbuat dari kain dan dilipat sehingga membentuk tali pengikat kancing atau disebut sengkelit. 

Kancing jenis ini cocok untuk dijadikan setelan pakaian yang tipis sehingga ringan penggunaannya.

Ciri dan bahan Jenis kancing sengkelit :

Adapun ciri kancing sengkelit yaitu adanya tali pengikat yang menempel pada ada pakaian atau saku dan biasa berada pada ada bahan kain. Kancingsengkelit sendiri biasanya memiliki kancing berlubang dua.

Keunggulan kancing sengkelit :

Keunggulan dari kancing sengkelit ini yaitu mudah untuk membuka dan menutup sebuah pakaian. Jika kancing yang lain berfokus pada memasukkan kancing  ke dalam lubang kancing,  maka kancing sengkelit bisa sebaliknya.  yakni lubang kancing dimasukkan pada kancing yang menempel pada pakaian ataupun  pouch.

4. Kancing Cina

macam macam kancing

Kancing Cina terinspirasi dari baju-baju Cina yang memiliki kancing berbeda dari kancing pada umumnya. Kancing cina biasa memiliki bahan kain atau tali yang membentuk simpul simpul kur dan disebut dengan kancing Cina. Seperti namanya kancing Cina biasa digunakan pada ada baju khas Cina atau kau juga bisa digunakan pada kebaya

Ciri dan bahan Jenis kancing Cina :

Ciri khas kancing Cina yaitu ada pada simbol-simbol tali  kur yang berbentuk seperti bunga.  sehingga berkesan seperti kancing yang memiliki adat khas dari bagian tersebut. 

Keunggulan Jenis kancing Cina :

  • Menjadi lebih Anggun
  •  Mencirikan pakaian adat atau khas
  •  Ringan
  •  Mudah dicari
  •  Banyak variasi warna

5. Kancing Berkaki (shank)

macam macam kancing

Sekilas kancing berkaki mirip seperti paku payung yang ada pada toko bangunan. Yakni kancing yang berbentuk cembung mirip dengan setengah lingkaran bervolume dengan lubang ditengah kancing menghadap kebawah.

Lubang pada kancing berkaki ini untuk memasukkan lubang pada kain/pakaian agar bisa masuk dan ditahan oleh rumahan kancing yang berbentuk setengah bola. Antara baju sama kancing tidak terlalu menempel, alias seperti ada rongga antara kain sama kancing.

Penggunaanya yakni baju yang mengikatkan pada kancing. Jadi seolah-olah lubang kainnya yang mengancingkan lalu masuk kedalam kancing tersebut. Sehingga kancing terlihat menonjol dan baju terlihat rapi elegan. Biasnya kancing jenis ini terdapat pada baju-baju perempuan.

Ciri dan bahan kancing Berkaki :

Ciri kancing berkaki yaitu kancing yang menonjol berbentuk cembung dan ada kaki di tengah kancing tersebut atau pengait talinya.

Keunggulan kancing Berkaki :

  •  Memberikan sebuah hiasan 3 dimensi
  •  Mudah didapatkan
  •  Berbahan ringan
  •  Banyak variasi warna
  • Membuat efek pakaian lebih menonjol

6. Kancing Hak / Kancing Kait (Hook and Eye Fastenings)

kancing kait

Jenis kancing satu ini yaitu kancing hak atau biasa disebut kancing Kait. Kancing kait memiliki 2 kancing yang menempel pada ada pakaian atau tempat Kancing itu itu di tempelkan.  seperti namanya  kancing ini memiliki sifat mengkaitkan  satu sama lain agar pakaian tersebut tertutup dengan rapat.

Ada beberapa ukuran kancing Kait dari kecil maupun besar.  untuk kecil biasanya digunakan Kan untuk mengaitkan bra,  longtorso Dan penahan belahan lainnya seperti pemasangan Zipper.

untuk ukuran besar biasanya digunakan untuk mengkaitkan rok atau celana pada anak sekolah ah mau pun pakaian casual. 

Namun pada zaman yang berkembang saat ini kancing kait jarang digunakan pada seragam sekolah untuk celana maupun rok.  bahan yang terbuat dari besi membuat jenis kancing ini mudah sekali rusak atau berkarat.  karena seragam sekolah anak pasti akan selalu digunakan dan dan akan sering dicuci. 

Ciri dan bahan kancing kait :

Ciri dari kancing kait ini itu ada ada pasangan kancing yang pasti menempel Ketika anda membelinya atau menggunakannya.  Bahannya terbuat dari besi.  Karena jarang sekali yang terbuat dari plastik. 

Keunggulan kancing kait :

  • Mudah untuk digunakan (hanya tinggal mengaitkan)
  • Kokoh karena terbuat dari besi
  • Mudah didapatkan 

7. Kancing Bungkus

macam macam bungkus untuk hiasan pengait

Kancing bungkus adalah jenis kancing yang sama seperti kancing berkaki yang mana dibungkus dengan kain perca atau jenis kain yang lainnya sehingga memiliki bentuk permukaan yang beragam. Jenis kancing bungkus ini adalah kreasi baru dan kreativitas dari penjahit untuk memunculkan ide kancing yang lebih indah dan beragam.

Ciri dan bahan kancing Bungkus :

Secara bahan dan ciri anjing bungkus sama seperti anjing berkaki Dia memiliki bentuk cembung lalu memiliki lubang benang di tengahnya dan berbentuk seperti setengah bola. Namun ada juga yang membuatnya tidak cembung alias datar. Kancing bungkus memiliki motif yang berbeda-beda ada namun rata-rata terbuat dari bahan kain. Seperti motif titik-titik gif bunga dan lainnya.

Keunggulan kancing Bungkus :

 Keunggulannya seperti kancing berkaki yaitu seperti

  •  Membuat efek pakaian lebih menonjol
  •  Memberikan sebuah hiasan 3 dimensi
  •  Mudah didapatkan
  •  Berbahan ringan
  •  Banyak variasi warna dan motif
  • Mudah untuk dibuat sendiri

8. Jenis Kancing Jeans

fungsi dan ciri macam jeans

Kancing jeans biasa digunakan pada ada pakaian  bahan jeans. Yaitu sering menenggak nempel pada ada Jaket atau celana jeans. Kamu juga tak jarang bisa dipasang atau digunakan pada pakaian Denim atau semacamnya.

Ciri dan bahan kancing Jeans:

Jenis kancing jeans mirip seperti kancing jepret yaitu memiliki dua bagian kencing yang harus disatukan untuk menutup sebuah pakaian.  akan tetapi perbedaannya kancing jeans tidak memiliki lengkungan pada lawan kancingnya sehingga membuat kancing jeans sangat kuat juga sedikit susah untuk dilepas tidak seperti kancing jepret. Ditambah lagi Bahannya yang terbuat dari besi yang membuat kancing ini menjadi berat.

Keunggulan kancing Jeans:

  • Terbuat dari bahan besi
  • Kencing yang sangat kuat 
  • Digunakan pada jaket atau celana jeans
  • Dominan memiliki sifat macho atau keren

9. Jenis Kancing Toggles

macam macam kancing

Kancing toggles Adalah sebuah jenis kancing yang unik dan digunakan pada pakaian pakaian khusus seperti pakaian rajut yang terbuat dari bahan Benang wol atau semacamnya.  Kancing toggles sudah tidak lagi berbentuk bulat melainkan lonjong seperti gigi taring yang tumpul.

Ciri dan bahan kancing Toggles :

Biasanya kancing toggles  memiliki bahan kayu atau plastik memiliki lubang yang sejajar dari bentuknya yang lonjong . 

Keunggulan kancing Toggles :

Tidak banyak kelebihan yang dimiliki jenis kancing toggles. Namun memiliki jenis pakaian yang ringan adalah pilihan yang tepat untuk menggunakan kancing ini. Karena kancing ini ini seringkali ukurannya besar sehingga tidak mudah lepas pada pakaian yang berserat rajut. 

10. Jenis Kancing Magnet

kegunaan magnet sebagai pengait baju

Kancing magnet ya Itu adalah sebuah magnet yang di inovasikan menjadi sebuah kancing.  Terdengar asing untuk penjahit konvensional namun kancing Ini adalah sebuah inovasi untuk memudahkan seseorang menggunakan suatu barang.

Kancing magnet ini jarang digunakan pada pakaian tapi seringkali digunakan pada barang seperti dompet  yang mana fungsinya sama seperti kancing kancing pada umumnya untuk menutup gambar tersebut. Yang menjadi unik dari kancing magnet yaitu membukanya juga mudah.

Ciri dan bahan kancing Magnet :

 Memiliki dua bagian kancing yang terbuat dari bahan magnet saling tarik-menarik. Sudah divariasikan menjadi bentuk kancing bukan mentah seperti magnet.

Keunggulan kancing Magnet :

  • Mudah untuk dibuka atau ditutup
  • Penggunaan sangat simpel 
  • Tidak memiliki banyak variasi warna maupun bentuk

Penutup

Itulah 10 jenis kancing yang bisa kita sampaikan pada kesempatan kali ini semoga dapat menambah wawasan kita para penjahit dan mampu menentukan kancing mana yang cocok untuk pakaian yang yang ingin kita buat. Semoga bermanfaat jumpa lagi di artikel selanjutnya.

 

Leave a Comment