9 Cara Mengetahui Ukuran Baju dari Berat Badan yang Efektif & Akurat

Sebelum membeli baju, pastinya kamu harus tahu ukuran baju mana yang pas dengan badan kamu. Dengan begitu baju tersebut akan nyaman saat digunakan. Biasanya orang menggunakan baju untuk menentukan ukuran besar kecilnya baju pada tubuh kita. Tapi jika kamu tidak tahu ukuran mana yang pas untuk badan, maka bisa menggunakan cara mengetahui ukuran baju dari berat badan dan tinggi badan.

Belum lagi apabila diperlukan pengecekan ulang terhadap baju tersebut. Jangan sampai baju yang telah dibeli bekas dari baju sortiran alias reject. Pastikan baju yang kamu beli cocok dan sempurna saat berada di tanganmu.

Itu juga kekurangan beli baju atau hijab online. Karena kita tidak bisa melihat dan mencobanya langsung apakah ukuran baju tersebut cocok dengan badan kita atau tidak. Nah biar tidak salah pilih ukuran baju, berikut ini kita kasih cara mengetahui ukuran baju dari berat badan.

Cara Mengetahui & Menentukan Ukuran Baju Agar Cocok Saat Digunakan

cara menentukan ukuran baju dari berat badan

Mengetahui ukuran baju tentu saja akan meminimalisir resiko baju kebesaran atau kekecilan, yang mana menyebabkan tidak nyaman digunakan. Alhasil kita akan rugi karena telah mambeli baju tersebut.

Ada beberapa cara agar terhindar dari resiko baju kebesaran atau kekecilan, Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Memastikan Ukuran Badan dengan Tepat

mengetahui ukuran baju agar cocok saat beli baju online

Cara yang pertama untuk mengetahui ukuran baju adalah memastikan ukuran badan sesui dengan baju yang akan dipakai. Hal ini akan memudahkan kamu saat membeli baju atau seragam secara online. Dengan mengetahui ukuran tubuh, kamu tidak akan salah saat memilih baju tanpa harus mencobanya.

Dari sini kamu juga akan mudah saat ingin membuat baju di toko konveksi sendiri atau seragaman bersama teman lainnya, karena sudah memiliki ukuran baju badanmu. Tanpa harus ragu atau takut saat membeli atau membuat bajumu sendiri.

Cara mudah mengukur baju yaitu yaa, datang ke penjahit lalu minta ukur sekujur badan seperti ingin membuat baju. Setelah selesai semua, simpan data ukuran badan kamu di hp atau catatan apapun agar berguna saat ingin membeli baju dikemudian hari.

Ketahui Bahan Baju yang Akan Dibeli

Mengetahui bahan baju yang akan kamu beli dapat meminimalisir resiko kebesaran atau kekecilan. Hal ini berguna untuk mengantisipasi susut atau mudah melarnya baju yang akan dibeli. Seperti baju seragam yang terkesan ketat atau daster yang longgar.

Pastikan pada deskripsi kamu tahu tentang bahan kain dari baju yang dijual. Jika terbuat dari katun atau crepe, maka bisa dipastikan baju tersebut tidak bisa melar alias daya susut. Sehingga harus benar-benar memastikan ukuran yang pas dengan tubuh kamu. Jika paham banyak jenis kain, mestinya mahir saat pemilihan baju yang hendak dibeli.

Memilih Model Baju yang Tepat

Mengetahui model baju agar tidak salah pilih baju

Pastikan kamu paham dan mengerti model baju mana yang akan dipakai. Membeli baju dengan model yang sama seperti baju-baju dilemari kamu, akan mempermudah untuk membeli baju secara online yang cocok dengan badan. Tentu karena modelnya sama seperti yang dipakai sehari-hari, maka kemungkinan besar ukuran baju yang akan kamu beli sesuai harapan.

Karena bisa jadi baju yang dipakai oleh model di foto yang jual bisa saja berbeda saat nanti kamu yang memakainya. Mudahnya, orang gemuk dengan orang langsing pasti sangat berbeda model bajunya. Orang langsing bisa memakai model baju slimfit, namun tidak dengan orang gemuk.

Memilih Warna Baju yang Cocok

Cara lain agar kamu tidak salah memilih baju adalah dengan memilih warna baju yang cocok dengan dirimu. Warna baju yang dipilih menentukan penampilanmu, sehingga cocok tidak juga penting untuk diperhatikan.

Misalnya kamu memiliki warna kulit yang cenderung gelap seperti coklat sawo matang, maka warna yang cocok adalah abu-abu dan warna-warna lain yang terkesan calem. Contoh lain, baju warna navi cocok dengan jilbab warna apa, hal seperti ini harus jeli dalam memilih.

Cara Mengetahui Ukuran Baju Dari Berat Badan dan Tinggi Badan

Menggunakan Patokan Size Chart

cara menentukan ukuran baju dari size chart

Cara paling mudah untuk menentukan ukuran baju dengan berat badan adalah menggunkan patokan size chart. Ada standar ukuran baju dari S, M, L, XL dan selebihnya yang sudah di standarkan menggunakan berat badan.

Dari sini juga kita akan lebih mudah mengasumsikan ukuran baju dengan berat badan sebelum membeli baju secara online. Biasanya juga penjual online memberikan size chart pada deskripisi. Maka dari itu jangan malas membaca detail produk baju yang akan kamu beli.

Berbeda di toko offline, kamu tidak akan menemukan size chart. Namun bisa menggunakannya langsung (jika dibolehkan mencoba oleh penjaga toko) atau menerka-nerka dengan menempelkannya pada badanmu.

Berikut patokan size chart sesuai dengan berat badanmu.

Kemeja/Kaos < 165 cm 166 – 175 cm 176 – 185 cm 185 – 190 cm
< 65 kg S M L XL
66 – 75 kg M L L XL
78 – 85 kg L XL XL XL
86 – 92 kg XL XL XL XL
93 – 100 kg XXL XXL XXL XXL

Gunakan Alat Ukur Meteran Kain Sendiri

cara menentukan ukuran baju dari berat badan

Pita Meter termasuk benda yang tidak asing dan sering dijumpai pada hampir setiap rumah. Kamu bisa mengukur sendiri lingkar dada dan perut saat hendak membeli baju tanpa harus pergi ke tukang jahit untuk mengukur badanmu. Ada beberapa cara yang harus kamu lakukan agar tidak salah mengukur lingkar badan secara mandiri :

  1. Mulai ukur diameter dada terlebih dahulu dengan pita meter. Caranya pasang meteran pada tengah dada atas melingkari badan hingga bertemu pita lagi, longgarkan 1-2 cm agar tidak terlalu nyapret dan sebagai toleransi ukuran badanmu. Usahakan jangan memakai baju yang terlalu tebal seperti jaket ataupun jas, biar ukuran baju akurat.
  2. Menentukan panjang baju bisa dilakukan dengan membentangkan pita meter dari pundak atas hingga bawah pinggul. Jika kamu membuat baju yang lebih panjang, seperti baju gamis atau baju koko yang panjang, maka kamu bisa membentangkannya lagi sesuai ukuran yang diinginkan.
  3. Terahir ukur panjang lengan, caranya dengan merentangkan meteran mulai dari  pundak hingga pergelangan tangan. Bija juga lebih panjang hingga tulang jari ibu jari, terserah ingin sepanjang apa.

Mengetahui Ukuran Baju dengan Tanya Teman yang Seukuran

cara menentukan ukuran baju dari bertanya ke teman

Sebelum kamu membeli baju, Alangkah baiknya kamu bisa menanyakan pada temanmu yang memiliki ukuran dan tinggi badan yang sama dengan kamu atau minimal mirip. Dengan begitu kamu bisa mengetahui ukuran baju yang pas dan sesuai yang akan kamu gunakan.

Selain mendapatkan ukuran yang akurat, bertanya ke teman juga bisa memberikan sebuah diskusi dan bertanya apakah baju tersebut layak untuk kamu beli atau tidak.  Sehingga kamu dapat lebih mantap memilih untuk membelinya atau mengabaikannya.

Belum lagi jika kamu dan temanmu memiliki kesukaan serta selera baju yang sama sehingga bisa dipastikan kamu tidak akan kecewa saat membeli baju. Kalian bisa membeli baju samaan seperti anak kembar padahal kalian tidak saudara kembar. Namun perlu diingat pastikan tinggi dan Berat badanmu sama, ya!

Cara Mengetahui Ukuran Baju dengan Melihat Ulasan

Kamu juga bisa melihat ulasan-ulasan dari orang-orang yang sudah membeli baju tersebut. Dari situ mungkin kamu akan mendapatkan orang yang dengan sendirinya melihatkan berat badan dan tinggi badannya.

Dari melihat ulasan kamu juga tahu kualitas baju tersebut apakah layak untuk dibeli atau tidak.  Banyak kah para pembeli memberikan bintang yang baik atau malah memberi bintang yang buruk.  Kamu juga bisa melihat warna pakaiannya bahannya dari orang-orang yang sudah memberi ulasan foto terlebih dahulu. 

Cara Mengetahui Ukuran Baju dengan Tanya Ke Penjual

Cara lain yang bisa kamu gunakan yaitu kamu bisa tanya ke penjual apakah baju yang mereka tawarkan cocok dengan tinggi dan berat badan kamu. Umumnya di beberapa marketplace memberikan kolom diskusi dan kamu bisa menanyakan baju tersebut cocok dengan dirimu atau tidak.

Pastinya kamu harus tahu sedikit banyak tentang type baju yang cocok untuk badanmu, bukan hanya dengan usia kamu saja.  Minimal kamu mengetahui berat dan tinggi badan kamu agar penjual bisa meng kira-kira apakah baju yang mereka jual cocok dan pantas kamu beli atau tidak.

Namun cara ini ini menurut saya pribadi hanya alternatif dari cara lainnya agar kamu tidak terburu-buru atau salah dalam membeli baju. Pastikan kamu sudah melakukan cara yang lain yang lebih akurat untuk menentukan ukuran baju dari berat badan kamu.

Penutup

Itulah cara mengetahui ukuran baju dari berat badan yang bisa kalian jadikan pedoman saat membeli baju secara online ataupun offilne. Memang kebutuhan baju setiap orang berbeda, ada yang tiap bulan beli baju ada pula hanya setahun sekali. Bagaimana pun itu, jangan sampai salah memilih baju atau ukuran saat hendak membeli baju. Semoga bermanfaat…

Leave a Comment