Jenis Seragam Sekolah Siswa SD SMP SMA Serta Perbedaannya

Sebagai pelajar sekolah pasti dituntut untuk memakai seragam sekolah saat hendak berangkat ke sekolahan. Tentunya kita harus mencocokan seragam apa di hari itu. Dengan begitu kita harus tau jenis jenis seragam sekolah yang ada di Indonesia.

Seorang siswa juga harus memakai seragam yang sama dengan teman-temannya sesuai dengan hari dan kebijakan yang diberikan oleh sekolahan. Jika tidak, maka anak tersebut bisa malu saat pergi ke sekolah karena merasa berbeda dengan teman lainnya.

Sebagai orang tua harus jeli dan teliti memilihkan jenis seragam sekolah anaknya agar tidak salah saat berangkat ke sekolah pada hari itu. Seringnya orang tua lalai memilihkan jenis seragam buat anaknya.

Kondisi hujan juga mempengaruhi kesalahan orang tua memilihkan seragam buat anaknya. Terlebih jika seragam sekolah tersebut hendak dipakai tapi masih basah.

Jenis Jenis Seragam Sekolah

Jenis baju seragam sekolah yang di pakai di indonesia

Ada beberapa jenis seragam sekolah yang biasa dipakai oleh siswa SD, SMP dan SMA. beberapa jenis seragam tersebut digunakan sesuai hari siswa tersebut sekolah.

Pada setiap sekolah memiliki kebijakan untuk memakai seragam sekolah untuk siswa-siswanya. Jadi setiap sekolah tidak selalu sama dalam memakai sekolah.

Namun berbeda dengan sekolah negeri. Seragam sekolah banyak dan disetarakan disetiap hari pada sekolah-sekolah negeri.

Tapi setidaknya setiap sekolah memiliki jenis seragam sekolah yang kompleks untuk digunakan dalam satu minggu. Jenis seragam sekolah apa saja yang biasa dipakai sekolah di Indonesia? Simak Pembahasan lengkapnya berikut ini. 

Seragam Sekolah Umum

seragam sekolah umum

Seragam Sekolah Umum biasanya terdiri dari atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana ataupun rok berwarna yang ditentukan oleh jenjang pendidikan siswa tersebut belajar. 

Untuk sekolah jenjang SD biasanya warna merah, SMP warna biru dan SMA warna abu-abu. Hal ini untuk membedakan anak tersebut sekolah pada jenjang pendidikan apa. Dengan melihat warna seragam sekolah saja, seseorang bisa mengira kalau anak tersebut masih sekolah dijenjang pendidikan apa.

Seragam Pramuka

seragam sekolah pramuka

Seragam pramuka terdiri dari atasan pramuka dan bawahan dengan warna pramuka juga. Warna pramuka juga biasa kita tahu dengan corak yang dominan berwarna coklat. Seragam pramuka dilengkapi dengan banyak atribut pramuka seperti dasi pramuka beserta ringnya, sabuk pramuka, tali pramuka, dan pisau pramuka.

Untuk bawahan dilengkapi dengan sepatu hitam dan kaus kaki hitam. Fungsinya sebagai agar jika ada acara pramuka siswa tidak takut kotor dan seragam tidak mudah kotor atau rusak.

Seragam Sekolah Islam / Muslim

sekolahan muslim sedang upacara

Bagi sekolah Islam ada sebagian seragam khusus muslim yang diberikan kebijakan oleh pemerintah untuk menentukan seragamnya sendiri. Setiap sekolahan juga memiliki seragamnya sendiri sendiri.

Ada yang memiliki seragam yang menyerupai jubah dengan kerudung panjang hingga lutut kaki. Ada juga yang standar saja seperti sekolah islam pada umumnya.

Seragam Olahraga

seragam olahraga

Seragam olahraga digunakan saat hendak siswa memulai pelajaran olahraga. Biasanya pelajaran olahraga dilaksanakan diluar ruangan atau kelas.

Seragam yang digunakan olahraga biasa menggunakan training dengan bahan lentur dan mudah melar. sehingga anak-anak lebih fleksibel bergerak tanpa takut sobek.

Fungsi olahraga sendiri adalah agar menjaga kebugaran anak. Dengan begitu anak tidak mudah sakit dan bisa mengikuti pembelajaran dengan optimal.

Seragam Batik

Seragam Batik

Seragam batik memiliki ciri atasan kemeja yang bermotif batik-batik dengan bawahan celana hitam. Dengan berlatar untuk melestarikan warisan budaya bangsa, seragam batik menjadi seragam resmi pelajar juga tenaga kerja Indonesia.

Seragam Uparaca

Seragam upacara

Seragam upacara digunakan saat acara-acara besar diselenggarakan dengan menggunakan seragam upacara. Ciri seragam upacara biasanya terdari dari baju kemeja atasan berwarna putih serta bahwan selana berwarna putih juga.

Saat upacara, siswa wajib memakai seragam upacara beserta atribut lengkap seragam seperti topi, dasi, ikat pinggang dan sepatu. Biasanya seragam upacara sering dipakai di hari senin dan hari-hari besar nasional.

Seragam Kejurusan Sekolah

Seragam kejurusan sekolah

Seragam kejurusan biasanya ada pada jenjang sekolah SMK dan setingkatnya. Seragam ini berbeda beda tergantung jurusan apa yang siswa tersebut dalami.

Ada jurusan otomotif, TKJ, Multimedia atau yang lainnya. Warna seragam kejurusan menyesuaikan menesuaikan jurusan dari siswa tersebut. Biasanya seragam kejurusan dipakai seminggu sekali.

Perbedaan Jenis Seragam Sekolah SD SMP SMA

Jenis seragam sekolah SD SMP SMAa

Ada beberapa berbedaan untuk menentukan seorang pelajar tersebut duduk di bangku sekolah tingkat apa. Hal ini bisa dibedakan dengan seragam yang digunakan. Meski setiap sekolah memiliki serama sekolah yang bebeda, tapi ciri has anak sekolah masih bisa diketahui dari seram yang dikenakannya.

Seragam SD

Seragam SD di Indonesia biasanya memiliki warna merah dan putih yang menandakan pemberani. Kita lihat banyak anak SD yang masih malu dan tidak berani saat tampil didepan kelas.

Selain warna merah putih juga dilengkapi dengan seragam pramuka. Setelah itu seragam olahraga juga seragam kedaerahan atau jika sekolah islam, maka meggunakan seragam Islam.

Seragam SMP

Seragam SMP dominan berwarna biru dengan arti penuh tenaga. Ini menandakan bahwa siswa tingkat SMP memang susah diatur dan bandel. Dititik ini anak SMP lagi mencari jati diri meraka dan suka dengan hal baru serta coba-coba.

Pelajar SMP biasanya dilengkapi dengan seragam olahraga, seragam pramuka dan seragam kedaerahan.

Seragam SMA

Untuk siswa SMA bebeda dengan tingakat SD dan SMP. Seragam SMA memiliki ciri khas warna abu-abu yang memiliki arti calem dan dewasa. Disini pelajar SMA sudah banyak memiliki malu dengan lawan jenis.

Seragam SMA dilengkapi dengan seragam olahraga, seragam pramuka dan seragam kejurusan untuk SMK.

Alasan Menggunakan Seragam Sekolah

Ada beberapa alasan kenapa siswa pelajar harus menggunakan seragam saat pergi ke sekolah. Antara lain berikut ini

1. Identitas Pelajar Sekolah

Yang pertama yaitu untuk sebagai identitas siswa. Dengan seragam maka siswa tersebut bisa dikenali dari sekolah mana. Dengan begitu jika terjadi apa-apa pada murit tersebut, maka pihak sekolah akan bertanggung jawab. Cirinya bisa diketahui dengan seragam yang digunakan.

2. Jenjang Tingkat Sekolah

Seperti yang disinggung diatas, bahwasanya pelajar SMP SMA bahkan SD bisa diketahui dengan ciri seragam yang digunakan. Yakni merah putih menadakan pelajar tingkat SD, putih beru menandakan pelajar SMP, dan abu-abu menandakan pelajar SMA.

3. Menyamakan Siswa

Diharuskan menggunakan seragam juga agar tidak membedakan antara murit satu dan yang lainnya. Dengan begini semua murit sama, sebagai peserta didik yang memiliki kewajiban dan hak yang sama tanpa membedakan ras, keluarga, suku bahan bahasa.

Penutup

Itulah pembahasan singkat mengenai jenis seragam sekolah yang digukana di Indonesia. Dengan tahu jenis seragam sekolah di Indonesia maka kita akan lebih mengenal negara yang kita cintai ini. Mungkin itu saja, semoga bermanfaat..!

Leave a Comment